E-Learning
09.20 Posted In E-Learning Edit This 0 Comments »DEFINISI :
menekan bahwa e-learning merujuk pada pengguanaan tekhnologi internet untu mengimkan seperangkat solusi (bahan ajar) yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Rosernberg 2001.
komponen
1. Perangkat keras
2. Infrastruktur/jaringan
3. Perangkat lunak
4. Materi isi
5. Strategi interaksi
6. Pemeran (dosen, mahasiswa)
Tahapan rancangan
1. Analisis kebutuhan
2. Studi kelayakan
3. Rancangan materi
4. Tahap penembangan
5. Pelaksanaan dan pengujian
6. Evaluasi
Rancangan
Rumuskan hasil (komponen)
Pilih dan tentukan aktivitas pembelajaran yang relevan - strategi
Penerapan
1. Pendidikan
2. Perusahaan
Penerapan dalam pendidikan perguruan tinggi
MIT (MASSCHUSETTS INTSTITUTE OF TECHNOLOGI )
Struktur
1. Tampilan untuk 1 institusi
2. Tampilan departement
3. Tampilan mata kuliah
a. Silabus
- waktu
- Deskripsi mata kuliah
- Sumber pustaka
- Grading (mutu, tingkat, nilai)
b. Calender akademik
- Jadwal mata kuliah
- topik
c. Jadwal
d. Materi
- Uraian isi
- Powerpoint
- Hand out
- CD
- dll
e. Referensi
f. Tugas
- Project
- Weekly memos
- Research proposal
- Peer memos (catatan hasil diskusi kelompok)
g. Presentasi
0 komentar:
Posting Komentar