E-Learning

09.20 Posted In Edit This 0 Comments »

DEFINISI :
menekan bahwa e-learning merujuk pada pengguanaan tekhnologi internet untu mengimkan seperangkat solusi (bahan ajar) yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Rosernberg 2001.
komponen
1.       Perangkat keras
2.      Infrastruktur/jaringan
3.      Perangkat lunak
4.      Materi isi
5.      Strategi interaksi
6.      Pemeran (dosen, mahasiswa)
Tahapan  rancangan
1.      Analisis kebutuhan
2.      Studi kelayakan
3.      Rancangan materi
4.      Tahap penembangan
5.      Pelaksanaan  dan pengujian
6.      Evaluasi

Rancangan
Rumuskan hasil (komponen)
Pilih dan tentukan aktivitas pembelajaran yang relevan - strategi

Penerapan
1.      Pendidikan
2.      Perusahaan
Penerapan dalam pendidikan perguruan tinggi
MIT (MASSCHUSETTS INTSTITUTE OF TECHNOLOGI )
Struktur
1.      Tampilan untuk 1 institusi
2.      Tampilan departement
3.      Tampilan mata kuliah
a.       Silabus
-          waktu
-          Deskripsi mata kuliah
-          Sumber pustaka
-          Grading (mutu, tingkat, nilai)
b.      Calender akademik
-          Jadwal  mata  kuliah
-          topik
c.       Jadwal
d.      Materi
-          Uraian isi
-          Powerpoint
-          Hand out
-          CD
-          dll
e.       Referensi
f.       Tugas
-          Project
-          Weekly memos
-          Research proposal
-          Peer  memos (catatan hasil diskusi kelompok)
g.      Presentasi
 

0 komentar: